Rabu, 20 Januari 2010

Mataram (Suara NTB)
Para bakal Calon Wali Kota Mataram yang berasal dari kalanganindependen mulai melakukan pergerakan untuk menyongsong Pilkada KotaMataram. Agar tidak perlu susah mencari dukungan partai politik, sejakdini mereka sudah mulai mengumpulkan dukungan berupa KTP dari masyarakat.
Demikian disampaikan Sekretaris DPW PPP Kota Mataram, Dra. Hj.Wartiah, M.Pd, ketika dikonfirmasi Suara NTB, Sabtu (10/7) lalu. Wartiah mengakui, sejauh ini aktivitas pencalonan di Pilkada Kota Mataram memang belum ramai seperti di daerah lainnya. Di Lombok Tengah misalnya, para kandidat sudah mendeklarasikan kesiapannya untuk maju. Mereka bahkan telah mendapatkan pasangan masing-masing.
Meski terlihat belum ramai, namun Wartiah menilai para calon sesungguhnya telah mulai melakukan persiapan untuk pencalonan mereka. Menurutnya, tokoh yang tertarik untuk tampil di Pilkada Kota Mataram sesungguhnya cukup banyak. Karenanya, ia meyakini pada saatnya nanti Pilkada Kota Mataram akan diramaikan kemunculan mereka yang membidik kursi orang nomor satu di Kota Mataram.
‘’Saya prediksi, nanti akan ramai. Bahkan, saya dengar sudah banyak yang mulai mengumpulkan KTP,’’ imbuh anggota DPRD NTB ini. Sejauh ini, Wartiah mengakui memang belum ada kandidat yang memastikan akan tampil sebagai Calon Wali Kota atau Wakil Wali Kota. Ia menjelaskan, kondisi ini kemungkinan disebabkan karena para kandidat yang ingin tampil menyadari bahwa mereka harus mengeluarkan cost alias biaya politik yang lebih besar jika mengumumkan pencalonan mereka diri
lebih awal.
‘’Masing-masing sudah cerdas, kalau muncul lebih dulu, siap-siap harus menghadapi permintaan masyarakat. Itu tentu butuh cost yang lumayan,’’ tandasnya.
Faktor lain yang mendorong para kandidat untuk melakukan aktivitas pencalonan di bawah permukaan adalah pengalaman yang telah dilalui di pilkada – pilkada sebelumya. Mereka, ujar Wartiah, tidak ingin tampil lebih dini karena khawatir manuver mereka akan dilirik para kandidat lainnya. Selain itu, parpol yang memegang peranan penting dalam pencalonan juga tengah disibukkan oleh aktivitas pemenangan di pemilu dan Pilpres.
Wartiah sendiri mengaku belum mengetahui adanya upaya kandidat tertentu untuk mendekati parpolnya demi memperoleh dukungan. Menurut Wartiah, proses awal untuk penentuan dukungan di Pilkada Kota Mataram diserahkan kepada DPC PPP Kota Mataram. ‘’Tapi nanti keputusan akhir tetap akan dilakukan oleh DPW PPP NTB. Itu sesuai mekanisme kita,’’ tandasnya. (aan)

0 komentar:


Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Ralepi.Com - BMW Motorcycle